Selasa, 08 April 2008

NyoNTek??!!!

Nyontek??!!

Di dunia kita, sebagai anak remaja, pasti udah ‘ngetrend’ masalah nyontek. Secara, setiap orang(anak) sekarang dah dikasi kwajiban, yaitu wajib belajar 9 tahun. Jadi, selama qt berada dalam dunia pendidikan sebagai murid, pastinya tak asing lagi kata-kata nyontek..

Mm,, gimana, ya?! Nyontek tu mungkin orang bilang “Ulangan udah dijaga Guru, kayanya, ga mungkin banget buat nyontek..” Apa bene?? Kayaknya sih ya,, kalo nyontek tu pada gak di ulangan aja. Tapi juga pas ngerjain PR, tugas, ato kerja kelompok. Jadi ceritanya,, kepentingan 1 orang dipuasin ma orang yang ga ada hubungannya dengan pelaku nyontek. Kata lainnya,,MAKSA! Mm, tapi gua jg perna liad orang yang ga dipaksa dah nyontek,, sih.. Katanya sih,, mreka tu sohiban, jadi ga enak, lagian udah biasa.. Hoala,, koq kayana nyontek tu uda jadi makanan sehari-hari para pelajar, sih??

Sekarang, mreka tau gak sih kalo mreka tu SALAH?? OmG!! Kenapa mreka tu bisa tenang-tenang aja?? Mrasa diri ga salah, n klo ternyata ketauan pun, mreka cuman nganggep itu tu cmn iklan!! Oh noo!!! Mnurut ku, n pastinya mnurut orang-orang yg udah byk makan asam garam juga,, klo yang para pecontek tu SALAH!!! Kenapa? Karena mereka sudah tidak jujur. Membohongi diri sendiri, pengawas, guru, orang tua, ya, pokoknya orang-orang lain juga, bahkan termasuk TUHAN. Sudah itu, mreka juga merobek kepercayaan orang-orang yang disebut tadi.. Terus, mereka akan merugikan orang lain. Klo mereka nyontek suru orang lain nutupin, orang lain itu pun (kalo dy ny maw..) bakal jadi kena hukuman. Trus kalo Si A pdn ngasi jwn ke Si D, tapi lewat si B dan si C. It means,, B dan C jg bakal jadi korban karma udah ngebantu jadi jalan tol bagi D dan A. Yaa,, walo pun bukan korban secara fisik, mental mungkin? Atau mungkin klo mreka b’4 uda sering kerja sama, mreka akan mendapat hukuman yang sama…

Trus,, apa yang kasi jawaban salah jg?? JELAS!! Itu artinya,, dia udah ngerusak kekudusan dirinya sendiri.. Bayangin, dari yang ga nyontek, blablablablabla,, sekarang jadi mencemari dirinya sendiri dengan hal yang ga ada untung nya bwt dy.. Ya, walao pun dy bkn pelaksana aktif,, tetep aja salah. Kenapa malah ngebantu orang yang pengen membuat dosa baru?? Trus kalo alesannya dy sohib gua, Kenapa malah di kasi contekan coba?? Emg saat ini akan terkesan sohib-bae.. Klo uda gede?? Mo gimana??? Dy pasti makin terpuruk krna lu bantuin. Ya kan?? Trus, l kmaren blg ga tega klo ntar jadinya dia rem, pas uda dy gede nanti n ga bisa apa apa,, lu udah jadi tega karna uda nyumbangin ketidak tegaan lu?! Ampun, de.. Kita ni kan uda gede,, coba berpikiran luas..!

So,, mnurut ku NYONTEK tu ga boleh.. Biar ada pengawas, ada kamera, dll,, tp klo ga dari diri para siswanya sendiri,, nyontek t ga bisa diilangin..!! Jadi,, menurut ku,, nyontek tu bener-bener ga boleh. Soalnya aq ga mw bangsa qt jd ga bisa tumbuh”.. Secara,, qt ni kan penerus bangsa,, klo semua qt ni pencontek yang nt nya ga bs apa apa, mo jd apa bangsa qt?? Ngemis terus ke Amerika?? CBD!!! Cape Banget De!!!! Jadi, maap ya teman-teman ku semua yang suka menyontek mau pun pemberi contekan,, g bknnya pgn ngeguruin l-l pada,, tp g ga pgn klo nt l-l bkl jd org ga berguna.. Ga usah inget” yang dulu, de.. Dari sekarang aja,, JANGAN NYONTEK!! Walo pun jd apanya, walo pun dg alesan yg sangat kuat, walo pun,, apapun!!! G ga pgn l-l pd pada NYONTEK!!!!

Oc??!!! Hope U all understand after read my opinion there….

With peace,, Me!! ^^ >=p

3 komentar:

Indarto mengatakan...

Menyontek....ehmmm...selalu menjadi alasan untuk mendapat nilai yang baik untuk menutupi kemalasan untuk belajar. But....apapun alasannya mencontek tetap ng bisa dibenarkan karena akan membuat manusia menjadi malas dan tidak mau berusaha. Belajarlah dengan sungguh - sungguh...dan yang terpenting adalah ber DOA lah sebelum belajar.

dwizZ....^.~ mengatakan...

jalan pintas yg gak baek mnurut guru2,, tp hobby yg paling populer d'antara murid2...

tp,mo gmna lg??
emnk ud budaya nya ank2 skrang ky gtu..... mskipun mreka blajar tp rasany ga puas klo ga nyontek,,cos punya kenikmatan tersendiri klo udah ngelanggar peraturan, ato ngelakuin hal2 yang dilarang....

so,,????

what should we do?

kynya,kita ga usah nyuruh org lain dlu,tp hrus puny ksadaran dlm diri msg2 klo nyontek t ga boleh.... ^^

Sanni mengatakan...

Koreksi untuk teman para guru...
bikin soal yang kreatif..jadi jawaban berdasarkan pengertian..tidak bisa dijawab hanya dengan "ketrampilan" nyontek.....^_^